RSS Feed

TUJUAN DAN MANFAAT PEMBINAAN PETANI PLASMA PEREKBUNAN KEPALA SAWIT

Posted by Flora Sawita Labels:



Tujuan Pembinaan Petani Plasma/Pola Kemitraan.
1. Tumbuhnya semangat “kebersamaan ekonomi” petani program kemitraan/petani plasma dalam wadah kelompok kerja produktif untuk melaksanakan kegiatan yang berkaitan denan pengembangan agribisnis dan kegiatan ekonomi lainnya di wilayah kebun plas,a/kebun kemitraan.
2. Meningkatkan kemampuan sumber daya manuasia petani kebun kemitraan/petani plasma dalam aspek teknis budidaya atau menyerap alih teknologi budidaya kelapa sawit dari Perusahaan Inti.
3. Tumbuhnya kesadaran dan semangat untuk meningkatkan produktivitas kebun kemitraan, baik hasil maupun rendemen.
4. Mempersiapkan organisasi petani (Kelompok, Koperasi, baik Koperasi Primer maupun Koperasi Sekunder) dalam mengelola kebun kemitraan/kebun plasma, dan kegiatan perekonomian masyarakat perkebunan sehingga mampu menjadi penggerak pembangunan di pedesaan dan mampu berperan secara aktif dalam sistem agribisnis di wilayah perkebunan pola kemitraan.

Manfaat Pembinaan Petani Plasma/Pola Kemitraan bagi Petani.
1. Tumbuhnya semangat kebersamaan ekonomi di antara petani dalam kelompok kerja produktif, koperasi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan budidaya kebun kelapa sawit
2. Kegiatan budidaya kebun, antara lain : pemupukan , deteksi hama, pemeliharaan jalan, drainase dan lainnya dapat diatur dan dikontrol dengan mudah, karena setiap petani saling bekerjasama, saling percaya dan saling mengawasi antar sesama petani dan menanamkan rasa kebersamaan, dimana kelemahan seseorang harus ditutupi oleh yang lain agar produksi TBS optimal dapat dicapai secara bersama.
3. Kegiatan panen dapat diatur dengan mudah sehingga kualitas buah yang dipanen dapat memenuhi standar dan dapat menghindari pencurian buah antar sesama petani.
4. Terakumulasinya untuk pemeliharaan kebun (pupuk, hama dan penyakit, pemeliharaan jalan dan replanting) secara bersama sehingga menjamin terlaksanannya program pemeliharaan kebun secara berkelanjutan.
5. Transportasi TBS ke pabrik lancar karena jadwal panen diatur sedemikian rupa antar kelompok dan jalan dipelihara secara terus menerus dengan pembiayaan bersama.
6. Pembayaran cicilan kredit akan lebih merata setiap petani dalam kelompok karena terciptanya kebersamaan ekonomi, yang menjadi tanggungjawab bersama terhadap seluruh pembiayaan kebun.

Manfaat Pembinaan Petani Plasma/Pola Kemitraan bagi Perusahaan Inti
1. Peningkatan produktivitas TBS yang berkelanjutan merupakan jaminan pasokan bahan baku pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS) Perusahaan Inti, sehingga kapasitas pabrik dapat berjalan normal.
2. Menjamin kontinuitas pasokan bahan baku pada PKS Perusahaan Inti walaupun kredit telah lunas karena terpeliharanya etika bisnis oleh petani peseta kebun plasma/kebun kemitraan melalui implementasi konsep kemitraan yang ditumbuhkembangkan sejak awal sebelum kebun diserahkan kepada petani peserta Plasma.
3. Kemungkinan penjualan TBS pada pihak lain (bukan ke pabrik perusahaan inti) dapat dihindari karena terbangunnya kemitraan yang erat antara Kebun Plasma dan Perusahaan Inti.
4. Kualitas buah terjamin karena setiap petani memiliki pengetahuan budidaya yang memadai dan adanya kontrol antar sesama petani dan oleh organisasinya.
5. Pencurian buah kebun inti baik oleh petani maupun oleh karyawan Perusahaan Inti sendiri dapat dihindari karena antar Petani dan Perusahaan Inti telah tertanam prinsip saling menjaga dan saling mengawasi.
6. Gejolak atau konflik antara Perusahaan Inti dan Petani Plasma dapat dihindari karena keduanya memiliki prinsip saling menghargai.

Manfaat Pembinaan Petani Plasma/Pola Kemitraan bagi Pemerintah
1. Gejolak sosial, ketimpangan pendapatan dapat dihindari atau diperkecil, karena petani memperoleh hasil yang hampir merata dalam setiap kelompok.
2. Pembinaan sosial politik petani lebih mudah dilaksanakan karena petani telah terhimpun dalam kelompok-kelompok dengan semangat kebersamaan ekonomi yang tinggi.
3. Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan dihimpun oleh organisasi petani (Koperasi) yang dibantu oleh Perusahaan, sehingga Pemda tidak perlu menagih pada setiap individu petani.
4. Sumber Daya Manusia petani yang telah dibina merupakan motor penggerak pembangunan pedesaan yang dapat diandalkan.
5. Peningkatan produksi kelapa sawit kebun plasma/kemitraan merupakan pendapatan nasional yang dapat menggerakkan perekonomian secara keseluruhan, terutama di daerah dimana proyek Pembangunan Kebun Kelapa Sawit dilaksanakan.
***eSa***

0 comments:

Posting Komentar

Label

2011 News Africa AGRIBISNIS Agriculture Business Agriculture Land APINDO Argentina Australia Bangladesh benih bermutu benih kakao benih kelapa benih palsu benih sawit benih sawit unggul Berita Berita Detikcom Berita Info Jambi Berita Kompas Berita Padang Ekspres Berita Riau Pos Berita riau terkini Berita Riau Today Berita Tempo bibit sawit unggul Biodiesel biofuel biogas budidaya sawit Bursa Malaysia Cattle and Livestock China Cocoa Company Profile Corn corporation Cotton CPO Tender Summary Crude Palm Oil (CPO) and Palm Kernel Oil (PKO) Dairy Dairy Products Edible Oil Euorope European Union (EU) FDA and USDA Fertilizer Flood Food Inflation Food Security Fruit Futures Futures Cocoa and Coffee Futures Edible Oil Futures Soybeans Futures Wheat Grain HUKUM India Indonesia Info Sawit Investasi Invitation Jarak pagar Kakao Kapas Karet Kebun Sawit BUMN Kebun Sawit Swasta Kelapa sawit Kopi Law Lowongan Kerja Malaysia Meat MPOB News Nilam Oil Palm Oil Palm - Elaeis guineensis Pakistan palm oil Palm Oil News Panduan Pabrik Kelapa Sawit pembelian benih sawit Penawaran menarik PENGUPAHAN perburuhan PERDA pertanian Pesticide and Herbicide Poultry REGULASI Rice RSPO SAWIT Serba-serbi South America soybean Tebu Technical Comment (CBOT Soyoil) Technical Comment (DJI) Technical Comment (FCPO) Technical Comment (FKLI) Technical Comment (KLSE) Technical Comment (NYMEX Crude) Technical Comment (SSE) Technical Comment (USD/MYR) Teknik Kimia Thailand Trader's Event Trader's highlight Ukraine umum USA Usaha benih varietas unggul Vietnam Wheat