RSS Feed

BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PELAKSANA PENYULUHAN DAERAH KABUPATEN NUNUKAN SUKSES MELAKSANAKAN FORUM PENYULUH SE KABUPATEN NUNUKAN

Posted by Flora Sawita

BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PELAKSANA PENYULUHAN DAERAH  KABUPATEN NUNUKAN   SUKSES MELAKSANAKAN FORUM PENYULUH

 Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Daerah (BKP3D) Nunukan sukses melaksanakan Forum Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan se Kabupaten Nunukan. Acara yang berlangsung dari tanggal 3 sampai 5 Agustus 2010 dihadiri oleh penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan berikut kordinator penyuluh dari sembilan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Nunukan, bertempat di Aula Gedung Gabungan Dinas I Jl. Ujang Dewa Nunukan Selatan. Hadir dalam acara tersebut adalah Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Kalimantan Timur. Dalam rangkaian acara Forum Penyuluh ini juga diketengahkan bimbingan teknis penyusunan Programa Penyuluhan dan Rencana Kerja Tahunan bagi para penyuluh pemula, baik yang berstatus CPNS maupun THL/TBPP.  

Dalam pidato sambutan pembukaanya pada acara Forum Penyuluh tersebut, Ir. Suprianto, MSi., Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Daerah (BKP3D) Nunukan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai acara temu kangen dan forum rembug bagi para penyuluh dari sembilan kecamatan se Kabupaten Nunukan. Selain itu bertujuan untuk mendorong dan membangkitkan semangat kerja serta profesionalitas dalam rangka memberikan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan di lapangan, serta upaya membangun spirit kebersamaan dan solidaritas diantara sesama penyuluh dari berbagai disiplin ilmu rumpun hayati. Disamping itu agar penyuluh mampu bekerja secara optimal dalam membantu petani dan kelompok tani/gabungan kelompok tani dalam menyelesaikan persoalan/permasalahan yang berhubungan dengan usahatani mereka.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan sebagai ujung tombak pembangunan pertanian dalam arti luas perlu ditingkatkan kualitas SDM-nya secara kontinyu melalui penyelenggaraan program/kegiatan pengkajian, pendidikan, pelatihan dan kewirausahaan yang berbasis agribisnis. Sehingga diharapkan lahirnya penyuluh yang berjiwa enter preuner,yang tidak saja mampu menghidupkan potensi sumberdaya daerah dan

wilayah binaannya namun juga menghidupkan potensi dirinya melalui kemadirian berusahatani; pesan terakhir ini lebih tertuju kepada para tenaga THL/TBPP agar tidak selalu berharap untuk menjadi PNS setelah masa kontrak mereka dengan pemerintah berakhir.

Kepala BKP3D juga menegaskan, target pemerintah pada tahun  mendatang akan ada satu PPL di setiap desa. Hal ini sejalan dengan amanat UU No. 16/2006 Tentang SP3K. Menurutnya, pada saat ini ada 216 desa dan  kelurahan di Nunukan sementara tenaga PPL baru ada sekitar 150 yang terdiri atas 112 PPL PNS/CPNS dan selebihnya adalah THL/TBPP. Menurutnya, seiring dengan dinamika teknologi yang sangat luar biasa, perubahan iklim yang luar biasa dan perubahan pola tanam yang luar biasa, maka peran penyuluh pertanian sangat diharapkan. Untuk itu kegiatan semacam ini diharapkan akan membawa dampak positif dalam meningkatkan kinerja penyuluh di lapangan.

Hadir sebagai pembicara dalam Forum Penyuluhan tersebut adalah para Kepala Dinas/SKPD dari Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan, Kelautan dan Perikanan, serta Kehutanan dan Perkebunan. Setiap Kepala Dinas/SKPD diberikan sesi untuk memaparkan Program Kebijakan Pembangunan dari masing – masing instansinya.  Hal yang menarik dari pelaksanaan kegiatan Forum Penyuluhan ini lantaran beban anggaran pembiayan kegiatan Forum Penyuluhan bukan saja bersumber dari Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian/Perkebunan Bidang Sarana/Prasarana Penyuluhan pada BKP3D Nunukan, namun juga dari swadaya Penyuluh se Kabupaten Nunukan.

Mewakili Kepala BKP3D Nunukan dalam menutup acara Forum Penyuluh tersebut, H. Heru Wihartopo, S.PKP., Kordinator Jabatan Fungsional BKP3D Nunukan, mengingatkan akan beratnya beban tanggung jawab yang diemban oleh setiap Penyuluh pada masa – masa yang akan datang. Hal ini mengingat bahwa Jabatan Penyuluh bukan lagi hanya sekedar pekerjaan sebagai PNS, tetapi juga telah mengarah kepada profesionalisme yang mengandung nilai dan kompetensi yang lebih besar. Seperti seorang dokter ahli, maka dikalangan penyuluh juga akan dikenal ada nya tenaga – tenaga ahli dalam bidang/spesialis tertentu dilingkup usahatani yang sedemikian luas.

Lebih lanjut dikatakan, oleh karena itulah maka kemampuan penyuluh yang handal di lapangan harus senantiasa diasah dari sekarang, paradigma pemberdayaan yang menuntut untuk memposisikan petani sebagai mitra kerja harus betul – betul dikembangkan, dan semangat untuk mandiri dan terus berkarya dalam batasan ketentuan aturan/perundangan – undangan yang berlaku bagi penyuluh terus ditingkatkan. Sehingga pada masa – masa mendatang penyuluh juga memiliki bargaining position di tengah arus globalisasi dunia yang menuntut profesionalitas.

--------------------------------------

Created by : Asbudi Salam, SP.

Koord. PPL/Kepala BP3K Kec. Krayan Kab. Nunukan.

0 comments:

Posting Komentar

Label

2011 News Africa AGRIBISNIS Agriculture Business Agriculture Land APINDO Argentina Australia Bangladesh benih bermutu benih kakao benih kelapa benih palsu benih sawit benih sawit unggul Berita Berita Detikcom Berita Info Jambi Berita Kompas Berita Padang Ekspres Berita Riau Pos Berita riau terkini Berita Riau Today Berita Tempo bibit sawit unggul Biodiesel biofuel biogas budidaya sawit Bursa Malaysia Cattle and Livestock China Cocoa Company Profile Corn corporation Cotton CPO Tender Summary Crude Palm Oil (CPO) and Palm Kernel Oil (PKO) Dairy Dairy Products Edible Oil Euorope European Union (EU) FDA and USDA Fertilizer Flood Food Inflation Food Security Fruit Futures Futures Cocoa and Coffee Futures Edible Oil Futures Soybeans Futures Wheat Grain HUKUM India Indonesia Info Sawit Investasi Invitation Jarak pagar Kakao Kapas Karet Kebun Sawit BUMN Kebun Sawit Swasta Kelapa sawit Kopi Law Lowongan Kerja Malaysia Meat MPOB News Nilam Oil Palm Oil Palm - Elaeis guineensis Pakistan palm oil Palm Oil News Panduan Pabrik Kelapa Sawit pembelian benih sawit Penawaran menarik PENGUPAHAN perburuhan PERDA pertanian Pesticide and Herbicide Poultry REGULASI Rice RSPO SAWIT Serba-serbi South America soybean Tebu Technical Comment (CBOT Soyoil) Technical Comment (DJI) Technical Comment (FCPO) Technical Comment (FKLI) Technical Comment (KLSE) Technical Comment (NYMEX Crude) Technical Comment (SSE) Technical Comment (USD/MYR) Teknik Kimia Thailand Trader's Event Trader's highlight Ukraine umum USA Usaha benih varietas unggul Vietnam Wheat