RSS Feed

Produksi Minyak /CPO Sebenarnya

Posted by Flora Sawita Labels: ,

Kemarin sewaktu online di yahoo messenger, ada seorang kawan dari sebuah perusahaan perkebunan swasta menanyakan sama saya tentang kondisi rendemen minyak/ CPO di salah satu pabriknya yang sulit untuk dapat melewati 21 %, dan katanya telah terjadi miskomunikasi antara pabrik dengan kebun. Kebun meminta rendemen minyak yang tinggi tetapi pabrik mengatakan yang menghasilkan minyak / CPO yah kebun. Yang aneh nya lagi di unit tersebut punya persepsi yang berbeda tentang fraksi buah yang menghasilkan minyak.

Saya coba memberikan penjelasan kepada temen saya " Sebenarnya yang menghasilkan minyak/CPO adalah kebun tetapi pabrik harus mampu mengutip minyak seoptimal mungkin dengan cara mengurangi losis yang terdeteksi maupun losis liar. Pabrik dan Kebun harus memiliki standard fraksi panen yang jelas serta komitmen dalam menjalankannya". Saya katakan hal ini merupakan hal yang sangat sederhana, cuma untuk melaksanakan ini terkadang sulit disebabkan persepsi yang berbeda dari level pembantu operator ke manager pabrik maupun pembantu petugas lapang ke manager kebun. untuk itu harus ada namanya proses membangun persepsi.

Saya pernah membuat satu training untuk Improvement Pabrik Kelapa Sawit dalam waktu 3 hari, saya desain training sedemikian rupa dan kebetulan pada saat itu ada satu perusahaan yang mengalami masalah yang sama dengan diatas, saya berikan kepada mereka teknis praktis yang dapat menaikkan produksi mereka. Alhamdulillah setelah seminggu dari pelatihan kawan mantan peserta mengatakan bahwa di perusahaan mereka telah mengalami perubahan dan produksi CPO naik hingga 2 % dari kondisi semula.

Kata kunci yang harus di camkan " if excellence is possible, good is not enough (Anthony D. Martin) "

0 comments:

Posting Komentar

Label

2011 News Africa AGRIBISNIS Agriculture Business Agriculture Land APINDO Argentina Australia Bangladesh benih bermutu benih kakao benih kelapa benih palsu benih sawit benih sawit unggul Berita Berita Detikcom Berita Info Jambi Berita Kompas Berita Padang Ekspres Berita Riau Pos Berita riau terkini Berita Riau Today Berita Tempo bibit sawit unggul Biodiesel biofuel biogas budidaya sawit Bursa Malaysia Cattle and Livestock China Cocoa Company Profile Corn corporation Cotton CPO Tender Summary Crude Palm Oil (CPO) and Palm Kernel Oil (PKO) Dairy Dairy Products Edible Oil Euorope European Union (EU) FDA and USDA Fertilizer Flood Food Inflation Food Security Fruit Futures Futures Cocoa and Coffee Futures Edible Oil Futures Soybeans Futures Wheat Grain HUKUM India Indonesia Info Sawit Investasi Invitation Jarak pagar Kakao Kapas Karet Kebun Sawit BUMN Kebun Sawit Swasta Kelapa sawit Kopi Law Lowongan Kerja Malaysia Meat MPOB News Nilam Oil Palm Oil Palm - Elaeis guineensis Pakistan palm oil Palm Oil News Panduan Pabrik Kelapa Sawit pembelian benih sawit Penawaran menarik PENGUPAHAN perburuhan PERDA pertanian Pesticide and Herbicide Poultry REGULASI Rice RSPO SAWIT Serba-serbi South America soybean Tebu Technical Comment (CBOT Soyoil) Technical Comment (DJI) Technical Comment (FCPO) Technical Comment (FKLI) Technical Comment (KLSE) Technical Comment (NYMEX Crude) Technical Comment (SSE) Technical Comment (USD/MYR) Teknik Kimia Thailand Trader's Event Trader's highlight Ukraine umum USA Usaha benih varietas unggul Vietnam Wheat