RSS Feed

Petani sawit bertemu dengan HSBC dan Rabo Bank

Posted by Flora Sawita

Kualalumpur, 4 Nopember 2009. Di hari terakhir pertemuan round Table On sustainable Palm Oil, petani sawit yang tergabung dalam serikat petani kelapa sawit melakukan serangkaian pertemuan di antaranya dengan HSBC dan Rabo bank. Kedua bank ini mendanai beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi Di Indonesia.
Kelemahan RSPO dalam mengendalikan anggotanya dalam konflik mengakibatkan pasar modal menjadi sasaran petani kelapa sawit. Kebetulan, beberapa perusahaan yang di danai oleh kedua bank tersebut bermitra dengan petani kelapa sawit yang terlibat dalam pertemuan tersebut.

Bertempat di hotel istana kualalumpur pada jam 01.30 waktu setempat sejumlah petani dan LSM Indonesia berdiskusi langsung dengan pihak bank.

Petani kelapa sawit dalam pertemuan tersebut menuntut untuk menekan klien nya untuk menata kembali kemitraan yang buruk yang merugikan pihak petani. Seperti masalah harga TBS, masalah konversi kebun dan masalah-masalah konflik lainnya. Selama ini, bank-bank kebanyakan diam dan mengabaikan konflik. Ini menunjukkan bahwa konflik yang di hadapi petani kelapa sawit di Indonesia berikut dengan kondisi ketidakadilannya di dukung sepenuhnya oleh bank. Pihak bank pun bahkan terus memperluas modalnya untuk memperluas perkebunan kelapa sawit dan memperkuat ketidakadilan dalam system perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Tandas arifin dari spks sekadau.

Lamhot sihotang sekjen spks rokan hulu riau, menerangkan sikap perusahaan PT. Torganda yang membakar rumah petani kelapa sawit di kampung halamannya yang mengusir petani di atas tanah miliknya.

Di akhir pertemuan, petani sawit menuntut untuk menghentikan ekspansi modalnya bagi perusahaan yang berkonflik dan tidak berkomitment dengan standar RSPO dan kaidah-kaidah sosial lingkungan masyarakat Indonesia.

Pihak HSBC dan Rabobank, sangat merespon apa yang di sampaikan petani kelapa sawit dan peserta pertemuan lainnya. Mereka meminta agar petani dan masyarakat mengirimkan dokumen konflik yang real sehingga HSBC dan rabobank akan bisa menindak clien yang telah di danai oleh mereka. Kami akan berkomitmen atas keluhan bapak-bapak, sebelum kami menindak tegas kepada clien kami yakni perusahaan yang beraktivitas di Indonesia kami harus mendapatkan informasi real dari bapak-bapak. Kami akan menunggu informasi itu dari rekan-rekan. Tandas perwakilan dari HSBC.

0 comments:

Posting Komentar

Label

2011 News Africa AGRIBISNIS Agriculture Business Agriculture Land APINDO Argentina Australia Bangladesh benih bermutu benih kakao benih kelapa benih palsu benih sawit benih sawit unggul Berita Berita Detikcom Berita Info Jambi Berita Kompas Berita Padang Ekspres Berita Riau Pos Berita riau terkini Berita Riau Today Berita Tempo bibit sawit unggul Biodiesel biofuel biogas budidaya sawit Bursa Malaysia Cattle and Livestock China Cocoa Company Profile Corn corporation Cotton CPO Tender Summary Crude Palm Oil (CPO) and Palm Kernel Oil (PKO) Dairy Dairy Products Edible Oil Euorope European Union (EU) FDA and USDA Fertilizer Flood Food Inflation Food Security Fruit Futures Futures Cocoa and Coffee Futures Edible Oil Futures Soybeans Futures Wheat Grain HUKUM India Indonesia Info Sawit Investasi Invitation Jarak pagar Kakao Kapas Karet Kebun Sawit BUMN Kebun Sawit Swasta Kelapa sawit Kopi Law Lowongan Kerja Malaysia Meat MPOB News Nilam Oil Palm Oil Palm - Elaeis guineensis Pakistan palm oil Palm Oil News Panduan Pabrik Kelapa Sawit pembelian benih sawit Penawaran menarik PENGUPAHAN perburuhan PERDA pertanian Pesticide and Herbicide Poultry REGULASI Rice RSPO SAWIT Serba-serbi South America soybean Tebu Technical Comment (CBOT Soyoil) Technical Comment (DJI) Technical Comment (FCPO) Technical Comment (FKLI) Technical Comment (KLSE) Technical Comment (NYMEX Crude) Technical Comment (SSE) Technical Comment (USD/MYR) Teknik Kimia Thailand Trader's Event Trader's highlight Ukraine umum USA Usaha benih varietas unggul Vietnam Wheat